Artworks

Vincent’s creative painting

Artworks in 2019

KPOP
Date: September 2019

Lukisan ini menunjukkan perkembangan Vincent sebagai penyandang Autis, terlihat dari berbagai karakter berwajah manusia yang terlukis. Sebelumnya ia lebih banyak menggambar karakter game atau kartun sebagai obyek utama lukisannya. Di lukisan ini juga tersirat suasana gembira yang menunjukkan banyak orang hendak pergi ke Korea untuk melihat pertunjukan KPOP.

Kelenteng Kenjeran
Date: September 2019

Vincent hanya perlu menyelesaikan lukisan dalam sehari saja. Ia pergi ke Kenjeran bersama mentonya pak Torando dan melukis kelenteng ini langsung di lokasi. Hasil lukisan ini menunjukkan bahwa Vincent mampu menangkap konsep realis dan menuangkannya kembali dalam karya seni.

Running Men
Date: August 2019

Dengan banyaknya referensi yang sudah dimiliki Vincent, ia sering mencampur obyek dan karakter ke dalam ukisannya. Meski demikian, Vincent mampu memadukan berbagai jenis obyek dan karakter yang berbeda tersebut dengan baik ke dalam lukisan kontemporer-nya.

Barong
Date: 11 July 2019

Kedua kalinya Vincent melukis obyek Barong, kali ini dia dapat lebih menikmati proses pembuatannya. Selain itu Vincent mempelajari lebih banyak lagi mengenai kesenian barong yang berasal dari Bali ini. Dengan kata lain, melalui kegiatan melukis ini Vincent juga harus belajar banyak hal terkait obyek lukisannya sehingga ia mampu melukisnya dengan baik.

Tiga Sahabat
Date: 7 July 2019

Melalui lukisan ini, Vincent mencoba melukis imajinasinya mengenai kedua saudari-nya. Ia menggambarkan kakak perempuannya dengan karakter yang suka menggodanya dan adik perempuannya dengan sebuah karakter yang sedikit pemarah. Sedangkan untuk diri sendiri, ia menggambarkan sebuah karakter dengan rambut panjang, yang merupakan model rambut yang diingininya saat itu.

Anggur dan Ikan Mas Koki
Date: 28June 2019

Menggunakan teknik ciprat untuk melukis latar belakang, Vincent mempertegas bahwa ia mampu membuat lukisan object gelas, ikan dan anggur yang tidak mudah. Selain itu lukisan ini juga menunjukkan kemampuan Vincent yang semakin mahir dalam mengolah warna.

Mario & Troll Face
Date: 20 June 2019

Lukisan ini menggambarkan kebahagiaan masa kecil Vincent yang banyak “ditemani” oleh figur Mario, Troll Face dan tokoh game lainnya. Vincent sangat senang saat melukis obyek ini dan isa menyelesaikannya dalam waktu cukup singkat.

Ikan Cupang

Date: 19 June 2019

Vincent kembali mencoba melukis ikan dengan perspektif yang berbeda. Ia mencoba lebih memunculkan efek 3D dalam lukisan ini.

Love Bird
Date: May 2019

Lukisan realism selalu menjadi tantangan tersendiri bagi Vincent. Meski jenis lukisan ini bukanlah tipe lukisan favoritnya, Vincent selalu berusaha tekun menyelesaikannya. Lukisan burung ini adalah pertama kalinya bagi Vincent untuk melukis burung.

Stasiun Purwokerto Masa Depan
Date: 23 May 2019

Vincent menuangkan imajinasinya atas stasiun kerete Purwokerto di masa mendatang dalam lukisan ini. Tergambar ada dua kereta Jepang yang melewati stasiun ini. Ia bercerita bahwa kereta ini adalah kereta listrik yang akan berangkat dari Purwokerto ke Jakarta.

Kereta Keihan

Date: 14 May 2019

Belajar geografi menjadi hal yang menyenangkan bagi Vincent saat ia melukis. Sebelum melukis suatu obyek, ia mengeksplorasi terlebih dulu segala sesuatu terkait obyek tersebut. Seperti dalam lukisan ini, ia mempelajari tentang berbagai kota di Jepang yang dilewati kereta limited express dan commuter yang melewati kota Kyoto. Ia menggambarkan juga pohon sakura yang menjadi ciri khas negara Jepang.

Udang Galah
Date: 8 May 2019

Vincent menonjolkan teknik pewarnaan dalam lukisan ini. Sekali lagi Vincent membuktikan ketajamannya dalam memilih dan mencampur warna agar sesuai dengan obyek aslinya.

Mangkuk Kehidupan
Date: 16 April 2019

Dalam lukisan ini Vincent belajar tentang tanaman bonsai yang ia gambarkan tertanam dalam sebuah mangkuk. Latar belakang lukisan ini adalah abstrak dengan teknik ciprat. Tentu saja Vincent menambahkan ciri khas-nya, yaitu kereta yang ia tampilkan sebagai symbol di depan mangkuk.

Dua Ikan

Date: 26 April 2019

Vincent mulai belajar untuk melepaskan ekspresi-nya yang tercermin dalam latar belakan lukisan ini. Vincent diberi kebebasan untuk berkreatifitas meski saat melukis ikan ini diberikan contoh gambar. Hal ini tentu saja menggembirakan hati Vincent sehingga hasil lukisan yang ia hasilkan menjadi luar biasa.

Kereta Hankyu
Date: 22 April 2019

Vincent bercerita bahwa ia senang menggambar kereta Jepang Hankyu dengan seri 1300 generasi kedua dan seri 3300. Ia menggambarkan kereta ini melintasi sebuah jembatan di Osaka, Jepang. Dengan melukis ini, secara tidak langsung Vincent mempelajari tentang demografi negara Jepang dengan cara yang menyenangkan baginya./

Apel dalam Gelas
Date: March 2019

Untuk melatih kembali lukisan realis, Vincent diminta menggambar apel di dalam gelas. Lukisan ini dimulai dengan membuat background dulu dengan teknik menuang cat ke kanvas dan meratakannya.

JR Kyoto Line

Date: Maret 2019

Vincent membuat background dengan mencampur warna-warna sisa yang ada. Ia menggabungkan beberapa macam kereta dalam lukisan mix media ini.

Ikan dalam Gelas
Date: 19 March 2019

Lukisan ini cukup menantang dimana Vincent menerapkan beberapa teknik melukis yang telah dipelajari. Tehnik ciprat, tehnik gelembung dan tehnik membuat kaca menjadi tantangan bagi Vincent.

Arwana Merah
Date: March 2019

Vincent memiliki pandangan tersendiri mengenai cara menggambar ikan ini, yang berbeda dengan cara yang diajarkan selama ini. Vincent semakin ahli dalam mengeksplorasi kemampuan melukisnya.

Kereta KTX

Date: Maret 2019

Seri kereta KTX ini juga merupakan kereta favorit Vincent. Vincent mampu menampilkan detail kereta dengan tepat dan terlihat lebih realis.

Arwana Perak

Date: 8 Maret 2019

Vincent menikmati pembuatan lukisan ini. Lukisan ini adalah lukisan arwana pertama yang ia buat dan tentu saja merupakan perjuangan tersendiri bagi Vincent.

9 Koi

Date: 16 February 2019

Merupakan lukisan kedua dengan tema ikan koi. Vincent mengulang beberapa teknik yang sudah dikuasai, antara lain membuat gambar ikan, daun, batu, dan air. Meskipun telah menguasai tehniknya, namun detail lukisan yang begitu kompleks merupakan tantangan tersendiri bagi Vincent.

Korail with Fun
Date: 2 March 2019

Lukisan ini menggambarkan kereta korail favorit Vincent. Ia juga menambahkan 2 karakter masinis yang diambil dari tokoh Freddy kesukaannya. Lukisan mix media ini dilengkapi dengan gambar Troll Face yang juga merupakan tokoh favorit Vincent.

Suasana Desa

Date: 5 February 2019

Merupakan lukisan ekspresionisme, yang dalam pembuatannya Vincent menghadapi tantangan karena besarnya ukuran kanvas, yaitu 120  x 150 cm. ini adalah pertama kalinya Vincent melukis di atas kanvas sebesar ini dengan menggunakan cat akrilik.

Kereta JR151

Date: 17 Januari 2019

Kereta JR151 ini adalah kereta kuno Jepang dimana Vincent menambahkan tokoh Baldy sebagai masinis kereta dalam gambari ini. Vincent belajar melukis abstrak dalam lukisan ini yang ia terapkan pada background lukisan.

Shinkansen

Date: 7 January 2019

Vincent menunjukkan bakat melukisnya yang luar biasa pada lukisan ini. Ia mampu menentukan warna dengan lebih tajam dan berani tanpa bantuan dari guru lukis-nya.

Keihin Tohoku Line

Date: January 2019

Vincent membuat lukisan mix-media ini dengan membuat background terlebih dulu dari cat warna yang sisa. Lukisan ini di apresiasi oleh kurator lukisan karena menampilkan dengan kuat karakter Vincent yang sebenarnya.

Artworks in 2018

Barong

Date: December 2018

Lukisan ini merupakan tantangan baru buat Vincent karena merupakan lukisan realis. Seperti biasa, ketika menggambar hal yang tidak termasuk dalam aliran-nya, Vincent akan merasa kesal dan frustasi. Namun saa† melukis Barong ini, ia sudah dapat menguasai diri dengan tidak merusak lukisannya pada saat merasa frustasi.

Mistery

Date: 30 October 2018

Lukisan boneka yang sedang duduk di dekat tong sampah ini sudah menunjukkan teknik lukis Vincent yang lebih halus. Vincent mampu menggambar monster dengan mengaplikasikan tampilan logam dan transparensi. Meski lukisan ini sekilas terlihat menyeramkan, sentuhan keceriaan anak tetap dapat ditemukan dalam lukisan Vincent ini. Ia menambahkan gambar foto-foto lucu, seperti Mario Bros, kereta api dan lainnya, yang terpajang di dinding belakang boneka tersebut.

Interview Bos

Date: 10 October 2018

Lukisan ini menggambarkan seseorang yang sedang di interview. Pada saat melukis gambar ini, Vincent sedang hobby bermain game yang menggunakan senjata. Karena itu dalam lukisan ini, Vincent ikut menampilkan senjata-senjata tersebut. Namun tentu saja gambar kereta tidak pernah lupa ia lukis juga.

Koleksi Keretaku

Date: October 2018

Lukisan ini menampilkan berbagai jenis kereta yang sering dilihat dan digambar oleh Vincent. Kereta ini mewakili dari tahun-tahun yang berbeda. Kereta ini merupakan kereta jepang semua.

Kereta 7828

Date: 18 September 2018

Vincent mencoba membuat lokomotif dengan pemandangan rumput di bagian depan. Vincent menyukai lukisan ini, karena menurutnya lukisan ini cukup presisi dengan bentuk asap, detail kereta hingga jumlah mur dan baut dihitung dengan detail. Vincent kembali menambahkan sentuhan personal dalam lukisan ini dengan menuliskan kata “pootish”, yang merupakan nama game yang ia sukai saat itu.

Pembajakan

Date: 13 September 2018

Terinspirasi dari film Train of Busan, Vincent menggambar dalam gerbong kereta namun mengubah karakter di dalam kereta dengan monster-monster yang sering ia mainkan dalam game.

Kesenangan

Date: 11 Agustus 2018

Karakter yang ceria dalam lukisan ini diperoleh Vincent dari game yang dia gemari saat itu. Vincent sangat percaya diri dalam melukis gambar ini. Ia tidak pernah mengulangi coretan atau garis yang dibuat. Semua garis dibuat sekali jadi.

Dua Naga Kenjeran

Date: 23 July 2018

Lukisan ini menunjukkan sudut pandang Vincent terhadap kedua patung naga. Vincent mampu menampilkan kedua naga ini dengan komposisi yang tepat. Dua kali dalam sebulan, Vincent mencari inspirasi dengan melukis langsung di tempat objek yang dilukis berada.

Jerry and Harry

Date: 2018

Vincent menggambarkan karakter-karakter dari film dan game yang ia sukai, seperti Jerry, Harry, kereta api, dan banyak lainnya. Lukisan ini kental dengan dunia anak-anak yang penuh dengan permainan.

Kemarahan Dari Aku

Date: Juni 2018

Lukisan ini menggambarkan emosi Vincent saat ia harus belajar. Ia bahkan marah hingga bergulung-gulung di lantai dan memukul-mukul kepalanya saat dipaksa sang guru untuk belajar. Di saat sang guru akhirnya memberikan sebuah kanvas, Vincent menuangkan kemarahannya dengan melukis gambar ini. Gambar yang didominasi warna merah ini nampak sadis, terlihat dari badan tanpa kepala yang melambangkan Vincent sendiri dan seseorang yang memegang sebilah pisau yang melambangkan sang guru. Sang guru yang dilukis adalah mentor pribadi Vincent, yaitu pak Tori.

Keluargaku

Date: 9 May 2018

Lukisan KELUARGAKU ini berisi sekitar 70 karakter, yang sangat dekat dengan keseharian Vincent. Karakter dari game dan youtube ini dianggap Vincent sebagai keluarga karena mewarnai kesehariannya

 

Kereta jepang

Date: 2017

Kereta favorit Vincent saat itu adalah kereta Jepang yang tergambar di lukisan ini. Vincent begitu menyukai kereta, sehingga setiap ada kesempatan ia akan selalu menggambar kereta.

Wajah Yesus

Date: 27 Maret 2018

Lukisan ini dibuat saat menjelang Paskah. Inspirasi dari lukisan ini adalah tentang Yesus yang disalibkan. Lukisan ini menggabungkan apa yang pernah dipelajari Vincent, yaitu melukis mahkota duri, gelas dan melukis anggur. Semua pengalaman ini digabungkan menjadi satu dalam lukisan gambar wajah Yesus. Lukisan wajah Yesus ini merupakan wujud lengkap dari ketiga hal yang dipelajari sebelumnya oleh Vincent.

Mahkota Duri

Date: 19 Maret 2018

Lukisan ini dibuat dengan teknik mencampur warna sebagai background. Vincent juga belajar membuat bentuk duri. Lukisan ini dibuat dengan menonjolkan bentuk duri yang tajam. Setelah selesai melukis tahap awal, tahap berikutnya adalah melukis dengan menggunakan teknik “menciprati” hasil yang sudah jadi dengan cat sehingga terlihat lebih dramatis.

Pojok Stasiun Gubeng

Date: 14 Maret 2018

Vincent menggunakan teknik percik dalam lukisan ini. Ia menggunakan mix-media, antara lain sepidol dan cat akrilik. Untuk membuat lukisan ini, Vincent harus menunggu 4 jam di stasiun hingga kereta datang. Bila diperhatikan, Vincent memberikan sentuhan pribadi di lukisan ini dengan menggambar anjing kesayangannya, Mocca, di ujung atas lukisan 

Gelas Perjamuan

Date: 8 Maret 2018

Melalui lukisan ini, Vincent belajar untuk pertama kalinya melukis produk yang memiliki volume. Ia juga belajar bagaimana membuat gradasi warna sehingga lukisannya tampak hidup dan bervolume. Vincent juga belajar melukis dengan menggunakan kanvas ukuran besar.

Pootish

 Date: 2018

Lukisan ini menggambarkan kepribadian Vincent yang sudah mulai terbuka, ditunjukkan dengan warna cerah dalam lukisannya. Tokoh dalam lukisan pootish ini diperoleh dari game pootish yang ia gemari.

Freddy Monster Character

Date: 2018

Gambar character dalam lukisan ini merupakan figur yang dapat ditemukan dalam Freddy Monster. Vincent merupakan anak yang sangat visual, karena itu ia hafal semua bentuk, warna bahkan ekspresi dari figur character yang pernah ia lihat.

Mocca Anjingku

Date: 28 February 2018

Teknik kontemporer digunakan dalam lukisan ini. Meskipun terlihat sederhana, lukisan ini adalah tantangan tersendiri bagi Vincent. Ia harus sabar menggambar bulu-bulu anjing. Meski sempat kesal, Vincent tetap bersemangat menyelesaikan lukisan ini karena Mocc adalah sahabat setianya.


Kereta CSX-499

Date: 15 February 2018

Dalam lukisan ini pertama kali Vincent menggunakan canvas besar. Kereta dari Amerika CSX 499 ini adalah kereta favorit Vincent di waktu tersebut. Vincent sempat marah, capek pada saat melukis gambar ini, karena besarnya ukuran lukisan ini. Di lukisan ini Vincent belajar untuk mulai mencampur warna.

Basement

Date: 13 January 2018

Menggambarkan Youtuber yang selalu dilihat dan ditirukan oleh Vincent. Youtuber tersebut digambarkan sedang melakukan siaran tentang robot yang menakutkan. Gambar ini menunjukkan bahwa Vincent sangat banyak dipengaruhi oleh Youtube. Area berwarna merah dibuat Vincent untuk menggambarkan ruang yang terbakar, yang mengekspresikan ketakutan dalam dirinya.

Artworks in 2017

Orang Ngintip

Date: 22 December 2017

Lukisan ini dibuat saat Vincent awal-awal mulai melukis yang menunjukkan kepribadian Vincent saat itu, yang tidak berani menunjukkan jati diri-nya. Di lukisan ini, Vincent menunjukkan bahwa ia berada di dalam ruangan sedang diluar ruangan ada teman-temannya yang memanggil dia untuk ikut bermain. Namun ia memilih untuk tetap bersembunyi.

Kereta Baru Datang

Date: 19 Desember 2017

Lukisan ini adalah pengalaman pertama Vin melukis langsung di lokasi. Dengan mengambil sudut gambar di pojok stasiun Wonokromo. Vin sangat menguasai detail Kereta api CC201. Selain melukiskan di kanvas Vin juga mengambil foto kereta ini.

Di Ruang Tamu

Date: 2017

Warna gelap dan gambar orang yang bersembunyi merupakan hal yang sering dilukis Vincent di masa awal ia melukis. Lukisan yang menggambarkan monster ini menunjukkan masa-masa dimana Vincent belum terbuka kepribadiannya.

Pojok Stasiun Wonokromo

Date: 13 December 2017

Vincent senang sekali saat berada di stasiun. Ia sangat menikmati melihat kereta yang keluar masuk ke stasiun. Lukisan ini dibuat langsung on the spot saat Vincent berada di stasiun Wonokromo, Surabaya.

Freddy

Date: 9 December 2017

Lukisan ini termasuk lukisan di masa awal Vincent belajar melukis. Vincent masih belajar untuk menampilkan tekstur logam dalam lukisan ini.

Pot Air di Kolam

Date: 2017

Untuk pertama kalinya Vincent belajar melukis di luar ruangan. Ia melukis di kolam yang ada di halaman rumahnya. Lukisan ini menjadi tantangan tersendiri bagi Vincent, karena objek yang digambar adalah hal baru baginya.

Kalahnya Kejahatan dengan Kebaikan

Date: 2017

Lukisan ini dibuat saat Vincent awal belajar melukis. Lukisan ini menggunakan campuran akrilik dan spidol, menggambarkan kereta kesukaan Vincent.

Santa Claus & Pohon Natal

Date: 2017

Dalam lukisan ini warna yang digunakan Vincent masih warna dasar dan belum dicampur. Selain itu Vincent menggunakan mix-media seperti sepidol dan cat akrilik untuk lukisan ini.

Troll Face

Date: 2017

Vincent sangat menyukai lagu Troll Face, karena itu ia mencoba menuangkan kesukaannya tersebut dalam lukisan ini. Di lukisan ini tampak seorang anak sedang menggunakan earphone dan mendengarkan lagu tersebut.

Vincent Paint Gallery

Address:
G-Walk Junction TL 6/11
Citraland, Surabaya

Open:
Monday - Saturday 08:00-13:00
Please contact us to make appointment